Senin, 30 Maret 2015

5 Penyebab Gusi bengkak



Seseorang yang mengalami pembengkakan pada gusi akan mengalami sakit yang sangat. Hal ini juga disertai dengan bau mulut. Warna gusi akan mengalami perubahan dari warna Pink menjadi warna merah. Gusi juga mudah mengalami pendarahan ketika anda menekannya.
Apa yang menyebabkan gusi bengkak?

Banyak sekali penyebab gusi bengkak. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkannya:

1. Kebersihan Mulut

Salah satu penyebab utama yang menyebabkan gusi bengkak adalah kebersihan mulut yang sangat buruk. Kebersihan mulut yang buruk adalah anda tidak menyikat gigi anda secara teratur dan tidak terlalu peduli dengan kesehatan gigi.

Hal ini dapat menyebabkan menumpuknya sisa makanan pada sela-sela gigi dan gusi. Pada akhirnya sisa makanan ini akan menyebabkan bakteri mudah untuk berkembang biak dan menyebabkan gusi bengkak.

Saya sering membersihkan gigi kok, tapi kenapa gusi saya masih bengkak?. Bila anda rutin membersihkan gigi, ada kemungkinan anda tidak menggunakan sikat gigi yang tepat.

Pilihlah sikat gigi yang bulu sikatnya dapat membersihkan kotoran atau sisa makanan di sela-sela gigi.

2. Kawat Gigi atau Behel

Terkadang kawat gigi atau behel yang dipasang terlalu ketat atau terlalu menempel dengan gusi adalah salah satu penyebab gusi bengkak. Hal ini terjadi karena terjadi iritasi secara terus menerus pada gusi. Pada akhirnya gusi akan mengalami peradangan dan bengkak.

3. Makanan yang Tidak Sehat

Saat ini banyak sekali orang yang mengkonsumsi makanan olahan yang banyak mengandung gula di dalamnya. Makanan tersebut dapat menyebabkan banyak masalah pada gusi dan gigi.

Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti apel, buah-buahan dan sayuran mentah. Hal ini dapat membantu untuk memperkuat gusi anda.

4. Kekurangan Vitamin

Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh akan mengakibatkan anda mudah terkena sariawan dan gusi bengkak. Kekurangan vitamin B, asam folat dan kalsium adalah salah satu penyebab gusi bengkak juga. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sangatlah penting.

5. Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan pada trisemester 1 atau 2. Sirkulasi darah dalam tubuh pada gusi meningkat. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat progesteron dan estrogen. Akibatnya gusi menjadi sensitif, bengkak dan merah.

0 komentar:

Posting Komentar