Kamis, 02 April 2015

4 Cara Merawat Gigi Berlubang



Merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Walaupun sangat sederhana namun kesehatan mulut dan gigi anda sangatlah sering diabaikan. Hal itulah yang menyebabkan banyak masalah gigi seperti karang gigi dan juga masalah mulut lainnya. 

Salah satu masalah gigi yang paling sering menyerang kita adalah gigi berlubang. Jika mengalaminya maka gigi biasanya akan terasa sakit tak tertahankan dan juga menjadikan anda kurang nyaman dalam menyantap makanan. Namun bukan hanya itu saja masalah selanjutnya yang harus anda khawatirkan. Namun anda juga perlu memperhatikan membusuknya gigi yang berlubang. Jika itu terjadi maka mulut akan terasa bau dan tidak nyaman.


Berikut 4 Cara Merawat Gigi Berlubang


1. Hindari Makanan Yang Membuat Nyeri Gigi
Dengan menghindari beberapa makanan penyebab nyeri. Ketika keadaan gigi sudah tidak utuh, tentu ia sudah tidak dapat menerima berbagai jenis makanan tanpa menimbulkan rasa nyeri. Makanan yang biasa menimbulkan rasa nyeri adalah makanan yang terlalu dingin, terlalu panas, makanan manis dan lain sebagainya. Karena itulah, demi menjaga gigi agar tidak nyeri ketika makan, hindari makanan-makanan tersebut. Konsumsilah makanan dengan suhu normal agar gigi anda tidak sakit. Hindari permen manis apalagi gulali yang dapat sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi.

2. Rutin menggosok gigi dengan pasta gigi yang tepat
Salah satu penyebab adanya lubang pada gigi adalah mengabaikan rutinitas gosok gigi sebanyak 2 kali dalam sehari. Oleh karena itu, agar lubang tidak semakin melebar dan juga tidak timbul rasa nyeri, pastikan bahwa anda rajin menggosok gigi setiap bangun dan hendak tidur malam. Pasta gigi yang digunakan juga bukan pasta gigi biasa. Untuk memperbaiki email gigi serta mencegah pelebaran lubang, pastikan bahwa anda menggunakan pasta gigi yang mengandung xylitol dan kalsium yang tinggi. Kadar kalsium dan xylitol dapat anda ketahui melalui kemasan pasta gigi.

3. Berkumur dengan menggunakan air garam
Air garam terbukti dapat berperan sebagai anti bakteri pada mulut sehingga dapat membantu anda dalam mencegah timbulnya rasa nyeri ketka makan atau minum. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan melarutkan 1 sendok teh garam halus kedalam satu gelas air mineral yang hangat. Aduk hingga rata kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 2-3 menit. Setelah itu, anda akan merasakan rasa nyeri yang sebelumnya anda rasakan akan berangsur-angsur menghilang.

4. Konsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium
Kalsium merupakan zat yang dapat memperkuat tulang dan gigi pada manusia karena itulah, kalsium sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gigi berlubang. Contoh minuman yang kaya kalsium adalah susu dan susu kedelai. Minum minuman tersebut setiap hari agar lubang pada gigi anda tidak semakin parah.

Gigi merupakan bagian penting yang ada pada tubuh, selain itu kerusakan gigi yang sudah parah dapat menimbulkan infeksi gigi yang dapat menyebabkan gusi bengkak dan berdarah. Oleh sebab itu merawat kesehatan gigi harus diperhatikan sejak dini bahkan anak-anak. Demikian ulasan mengenai perawatan gigi berlubang.

0 komentar:

Posting Komentar