Sabtu, 01 Agustus 2015

Kelebihan Sikat Gigi Elektrik dan Konvensional Pada Anak

Sikat gigi elektrik biasanya berharga lebih mahal dari sikat gigi yang manual. Bantuan dari tenaga listrik dianggap akan membuat proses dalam pembersihan gigi jadi lebih maksimal & total bersihnya. Tetapi di sisi lainnya, ada pula mengatakan sikat gigi elektrik dapat mengikis bagian enamel gigi diakibatkan gosokannya terlalu keras.

Benarkah kalau sikat gigi elektrik memang lebih efektif ketimbang yang konvensional, atau justru akan berpotensi untuk merusak gigi? Menurut pakar atau ahli kesehatan gigi, pemakaian sikat elektrik maupun juga manual sebenarnya sama efektifnya untuk membersihkan gigi asal dilakukan menggunakan teknik menyikat secara benar dan tepat.

Sikat gigi elektrik dan konvensional


sikat gigi elektrik dan konvensional pada anak oral b kaskus

Tujuan utama menyikat dan juga flossing gigi ialah menyingkirkan plak, dan itu merupakan sarang bakteri kuman penyebab gigi jadi berlubang atau mudah rapuh. Dr Peter juga menjelaskan, teknik atau  cara yang benar menyikat gigi ialah mendekati area pada gusi supaya plak dan juga kotoran yang biasanya bersembunyi di antara garis email gigi serta gusi bisa dengan mudah disingkirkan.

Hindarilah menyikat gigi sampai gusi & usahakanlah tidak terlalu keras dalam menekannya dikarenakan merusak bagian enamel gigi maupun juga gusi. Gerakan menggosok juga harus diperhatikan. Gosoklah gigi secara memutar, bukannya lurus kedepan & belakang dikarenakan akan ada bagian permukaan yang bisa terlewatkan.

Lantas mengapa sikat gigi elektrik tersebut diciptakan bila dengan menggunakan sikat konvensional sudah cukup? dan  menurut Dr Peter, sebagian orang tidaklah mengetahui sekeras apakah tekanan yang perlu diberikan pada saat menyikat gigi. Mayoritas memberikan tekanan terlalu kuat sehigga menjadikan gusi lecet dan juga berdarah. Pada waktu itulah penggunaan sikat gigi elektrik mungkin lebih bermanfaat.

Untuk  mereka yang merasa kesulitan menggunakan sikat manual, dengan sikat elektrik dapatlah membantu menggosok gigi jadi lebih mudah serta dengan tekanan pas. Tidaklah terlalu ringan maupun juga tidaklah terlalu kuat. Dan awalnya sikat jenis ini diciptakan buat digunakan oleh anak kecil. Dengan gagang sikat berbentuk lucu dan juga bisa mengeluarkan irama musik pada saat digunakan dapatlah membuat anak jadi lebih semangat dalam menyikat gigi.

Namun, sekarang sikat gigi elektrik digunakan juga oleh sebagian orang dengan keadaan kondisi fisiknya yang kuranglah memadai. Misalnya saja pasien penderita sakit radang sendi, akan merasa mudah menggosok gigi bila memakai sikat yang elektrik.

Selain alasan itu, tidaklah ada kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh sikat gigi elektrik bila dibandingkan yang konvensional. Jadi kalau Anda sudah mengetahui cara menyikat yang benar dan tepat, maka tidaklah perlu membuang-buang uang yang lebih mahal buat menggantinya menggunakan sikat elektrik.

0 komentar:

Posting Komentar