Kamis, 10 September 2015

Umur Berapa Anak Kecil Boleh Pakai Behel ?

KAWAT gigi atau dikenal breket sebagai perawatan untuk estetis gigi yang dapat dipakaikan hampir di segala usia, termasuk juga pada anak-anak. Namun, keadaan gigi anak haruslah dipastikan telah mempunyai gigi permanen.

Drg Oktri Manessa, yang merupakan pendiri OMDC (Oktri Manessa Dental Clinic), mengatakan kalau orangtua yang berkeinginan gigi anak nya untuk dipasangi kawat gigi, maka pertumbuhan gigi permanen haruslah diperhatikan. Begini teori nya, peralihan dari gigi susu menjadi gigi permanen dimulai saat usia 6 tahun dan akan berakhir ketika usia anak 12 tahun.

Kapan Anak Boleh Pakai Kawat Gigi


kapan umur berapa anak kecil pakai kawat gigi pemasangan behel


"Nah, Secara teori, perkembangan gigi permanen atau gigi tetap pada anak akan selesai di umur 12 tahun. Tetapi, ada juga yang telah berusia 13 tahunan masih memiliki gigi susu, dan ada pula yang umurnya 11 tahun tapi gigi susunya telah diganti gigi tetap atau permanen seluruhnya. Ini harus diperhatikan terlebih dulu, karena mengingat tumbuh kembang setiap anak itu berbeda,"

Guna memastikan anak telah memiliki gigi permanen secara lengkap, dokter bisa membantu buat melihat kondisi nya dengan cara rontgen sebelum pemasangan kawat gigi bisa dipastikan. Disamping itu, perawatan dasar buat mengatasi masalah serta memastikan selalu kebersihan gigi perlu juga dilakukan sebelum pemasangan kawat gigi.

"Bila dokter sudah melihat kondisi gigi sehabis di-rontgen hasilnya baik, maka bisa dimulai pemasangan behel atau kawat gigi. Namun, kalau masih terdapat gigi susu ataupun ada masalah lainnya maka akan dilakukan observasi terlebih dulu, barulah dipakaikan kawat gigi," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar