Minggu, 14 Mei 2017

Bahaya Pasta Gigi Tertelan Secara Tidak Sengaja

Ketika menyikat gigi, kadang kita tidak sengaja menelan odol atau pasta gigi. Apakah anda sering mengalaminya? Jika ya jangan dipandangn remeh karena dalam jangka panjang ada bahaya pasta gigi tertelan secara tidak sengaja yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Pasta gigi mengandung sejumlah bahan kimia, sepertu fluoride, triclosan, kalsium, perasa, pewarna yang berfungsi untuk menjadi bahan pembersih gigi. Alhasil jika pasta gigi tertelan maka akan ada efek yang ditimbulkan akibat pasta gigi tertelan dan masuk ke tubuh anda.

Berikut beberapa bahaya akibat menelan pasta gigi

Bahaya pasta gigi jika tertelan

1. Racun bagi tubuh

Pasta gigi memang membantu membersihkan dan merawat gigi, tetapi akan berbahaya jika sampai tertelah. Salah satu bahan yang paling banyak terdapat dalam pasta gigi adalah fluoride. Manfaat fluoride memang dapat mengembalikan mineral di gigi yang hilang karena asam yang berasal dari plak bakteri serta gula. Tanpa penambahan mineral maka gigi kita menjadi mudah goyang. Namun menelan fluorde juga berakibat mual, muntah, serta hilang kesadaran.

2. Osteoporosis

Selain racun bagi tubuh, efek menelan fluoride juga menyebabkan potensi terkena osteoporosis dan kerusakan saraf. Karena itulah kini ada produk pasta gigi tanpa fluoride sebagai bahannya, seperti Miswak HPA dan SIwak F.

3. Gangguan penyerapan kalsium

Jika anda sering menelan fluoride maka akan mengakibatkan penyerapan kalsium dalam tubuh mengalami hambatan atau dikenal dengan istilah fluorosis. Kekurangan kalsium pada orang dewasa dapat mengakibatkan penurunan kecerdasaran IQ, gangguan saraf, imunitas, dan kerapuhan tulang. Sedangkan kekurangan kalsium pada anak-anak dapat menghambat tumbuh kembang anak.

4. Bintik kuning di gigi

Pada beberapa kasus, efek kelebihan flouride akan menyebabkan bintik-bintik kuning di permukaan gigi. Hal ini terjadi karena pembentukan email gigi yang tidak sempurna. Ketika email gigi tidak sempurna maka akan terjadi akumulasi bakteri sehingga pada akhirnya terjadi karies gigi.

5. Kelainan tulang dan gigi

Bahan kimia yang terdapat pada pasta gigi akan terserap dan tersimpan dalam tulang yang dalam jangka panjang akan menyebabkan kelainan tulang.

Demikian 5 bahaya pasta gigi tertelan secara tidak sengaja. Untuk itu, berhati-hatilah menyikat gigi agar jangan sampai tertelan pasta gigi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar