Sabtu, 26 September 2015

5 Kesalahan Fatal Dalam Menggosok Gigi

Berikut beberapa kesalahan menyikat gigi yang wajib dihindari agar bisa menjaga kesehatan gigi & mulut anda dengan baik.

1. Menyikat gigi cepat dan terlalu singkat
Sekitar 80% orang yang tak menyikat gigi, menghabiskan waktu lebih dari 1 menit. Tetapi, para ahli gigi memperingatkan 1 menit tidaklah cukup buat menghilangkan bakteri diseluruh lapisan di dalam mulut anda. Tips yang paling baik adalah memberi waktu sikat gigi minimalnya yakni 2 menit.

2. Menggosok gigi tanpa memperhatikan yang dilakukan.
Para ahli setuju orang-orang cenderung memakai tangan kanan untuk menyikat gigi cenderung menyikat lebih di sisi kanan, sedangkan untuk orang kidal lebih menekankan kuadran sisi sebelah kiri. Sangatlah penting menyikat semua area di gigi dalam waktu sama di tiap-tiap sisi ataupun bagian, serta pastikanlah untuk tak mengabaikan bagian yang letaknya dekat gusi dikarenakan di sini bisa ditemukan karang gigi dengan penumpukan plak paling banyak.

3. Menyikat dengan gerakan dari sisi ke sisi “menggergaji” ataupun horizontal
Ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan, dengan menyikat gigi arah horizontal secara terus menerus seperti 'menggergaji' akan merusak lapisan email khususnya bagian dekat gusi yang pada akhirnya menyebabkan linu kemudian hari serta juga menyebabkan gusi “merosot” dikarenakan terkikis sikat gigi. Sebaiknya, pastikanlah dengan gerakan melingkar menggunakan sikat Anda, karena lebih efisien membersihkan permukaan gigi anda tanpa melukai struktur atau tatanan alami gigi.

4. Menyikat terlalu keras
Ketika menyikat sangat keras, maka email gigi dapat rusak. Apalagi, bila Anda mempunyai gusi sensitif maka efak lanjutannya dapatlah menyebabkan iritasi parah serta perdarahan bisa terjadi. Jadi mulai sekarang lembut lah waktu menyikat gigi.

5. Memakai pasta gigi pemutih secara terus menerus.
Pasta gigi mengandung pemutih buat gigi memang baik guna menghilangkan noda gigi, namun, bahan pemutih itu mampu merusak jaringan keras email gigi dikarenakan mengandung bahan yang abrasif. Pastikanlah untuk mengganti pasta gigi (merek). Gunakanlah pasta gigi pemutih 2 minggu, serta kemudian beralih lagi dengan menggunakan pasta gigi tanpa kandungan pemutih teratur 2 minggu

0 komentar:

Posting Komentar