Minggu, 13 September 2015

Mengapa Bayi 7 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Bayi biasanya mulai tumbuh gigi pada waktu umur 6 - 7 bulan, dengan ditandai pembengkakan gusi bawah. Sebagian bayi merasa sakit dikarenakan pembengkakan tersebut bahkan bisa menyebabkan sakit demam. Rasa sakit disebabkan tumbuh gigi seringnya dirasakan oleh bayi saat sore hari, mereka terkadang menangis dan juga mengigit-gigit sesuatu. Bila anak sudah berusia 8 bulan belumlah juga tumbuh gigi hal tersebut bukanlah pertanda tak normal, jadi sebagai orang tua tidaklah perlu terlalu risau, tetapi buat lebih menenangkan hati silakan konsultasikanlah pada dokter anak.

Penyebab Kenapa Bayi 7 Bulan KOk Belum Tumbuh Gigi

Apa sih yang harusnya dilakukan bila bayi 7 bulan belum tumbuh gigi?  terdapat beberapa hal yang dapatlah dilakukan buat merangsang pertumbuhan gigi, yakni diantaranya:
  • Memberikan mainan yang berguna buat menstimulus pertumbuhan gigi dan sering dikenal dengan teether. Sebenarnya pemakaian mainan ini dianjurkan semenjak umur 5 bulan, karna dipercaya bahwa teether memanglah bermanfaat buat mempercepat tumbuh gigi. Nah, Pilihlah teether yang terbuat dari bahan aman. Sebagian besar semuanya terbuat dari bahan karet.
  • Kandungan kalsium susu juga sangatlah membantu pertumbuhan gigi susu anak, oleh karena itulah walaupun anak telah lebih dari usia 6 bulan usahakanlah tetap memberi ASI cukup (sebagai susu bantu).
  • Berikan makanan pembantu ASI mengandung kalsium seperti misalnya ikan laut dan juga beberapa jenis macam sayuran.
  • Para orang tua janganlah terlalu khawatir, karena banyak juga anak bayi barulah tumbuh gigi di umur 10 bulan bahkan ada yang 1 tahun.
Tanda-tanda atau ciri bayi tumbuh gigi:
  • Si kecil menjadi sering gigit jari ataupun benda, kadang menggigitnya seperti orang gemas bahkan kalau jari kita diletakkan digenggamannya pasti akan diarahkannya ke mulut nya untuk digigit.
  • Terlihat pembengkakan jelas di gusi bayi, umumnya lebih dulu tampak pada gusi bagian bawah.
Untuk itulah ketika usia bayi telah mencapai 6 - 7 bulan dianjurkan janganlah meletakkan sembarangan benda berada didekat mereka. Karena saat ini anak sangatlah suka menggigit benda apapun yang bisa dijangkaunya. Selalu pastikanlah mereka mengenakan pakaian bersih dan juga tidak terdapat juntaian mainan ataupun pernak pernik di baju tersebut, akan sangatlah berbahaya bila pernak-pernik itu digigit & tertelan.

Bayi kalau mau tumbuh gigi biasanya sedikit lebih rewel dan menjadi gampang menangis daripada biasanya, hal tersebut wajar saja karna mereka merasakan sakit atau nyeri di gusi yang bengkak. Tenangkanlah si kecil dengan memberikan pelukan ataupun mengendongnya berjalan-jalan sekitar area rumah. Sikap yang gampang menangis ini tidaklah akan lama, sesudah gigi tumbuh maka sikap rewel tersebut juga pasti akan hilang.
Kesimpulannya:
Secara umum anak bayi tumbuh gigi di usia 6 - 7 bulan, tetapi banyak juga kok anak umur 8 bulan belumlah tumbuh gigi. Orang tua tak perlu khawatir dikarenakan lambatnya pertumbuhan gigi pada si kecil, ini masih wajah asalkan selama berat badan serta perkembangan psikisnya juga terlihat normal

0 komentar:

Posting Komentar