Senin, 19 Oktober 2015

Inilah Perbedaan Sakit Akibat Gigi Berlubang dan Sensitif

GIGI berlubang & gigi sensitif merupakan dua masalah kesehatan gigi yang banyak dialami oleh masyarakat. Gigi berlubang & sensitif sama-sama ditandai dengan munculnya rasa sakit ataupun nyeri. Lalu apakah perbedaan antara gigi bolong & gigi sensitif?

Nah, Gigi sensitif pada asalnya disebabkan sensitivitas saraf pada gigi terhadap  zat yang masuk menuju mulut, dikarenakan penipisan lapisan pelindung ataupun terbukanya jaringan penyangga gusi (gigii). Sementara, gigi berlubang ialah kerusakan gigi yang menjadikan tulang gigi keropos (membusuk ) dikarenakan infeksi.

Perbedaan Gigi Berlubang dan Sensitif


“Gigi terlihat normal, namun nyeri tajam waktu minum es, misalnya, itu pertanda gigi sensitif. Perbedaan dengan gigi berlubang biasanya ditunjukkan dengan adanya titik (lubang hitam), sakit dikarenakan gigi berlubang pun nyerinya akan lebih panjang & hilang timbul,” ujar drg Laura Zaizavonna

Dan Laura menjelaskan, kalau rasa sakit yang  diakibatkan gigi sensitif dapatlah terasa begitu hebat, tetapi cepat hilang (singkat). “Jika misalnya kita tertawa lantas gigi terkena angin serta muncul rasa ngilu atau nyut-nyutan yang tajam itu berarti gigi sensitif," tambahnya lagi.

Baik berlubang maupun sensitif sebaiknya segeralah diatasi agar tak jadi parah dan juga mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Menjaga kebersihan serta kesehatan mulut, gusi dan gigi, maka karna itulah perawatan gigi & mulut yang tepat dari diri sendiri ataupun dengan dokter gigi sangatlah diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar