Rabu, 18 November 2015

Apakah Penyebab Bau Mulut Selain Karena Gigi Berlubang ?

BAU mulut (halitosis) kadang sering terjadi saat berpuasa. Nah, Apakah bau mulut selalu terjadi ketika berpuasa? Ini sering banget jadi pertanyaan bagi yang sedang melaksanakan puasa.

Sebetulnya bau mulut tidaklah selalu terjadi pada orang yang berpuasa. Normalnya, bila mulut kering dikarenakan air liur kurang, ataupun akibat kurangnya melakukan aktivitas berkunyah bisa menyebabkan masalah bau mulut yang tak segar. Inilah yang terjadi jika kita berpuasa.

Ini dikarenakan selama 14 jam tak ada makanan yang bisa dikunyah dan juga tidak adanya air ataupun cairan yang di minum. Tapi, sebetulnya bau mulut yang muncul selama berpuasa bukanlah bau mulut atau halitosis yang  diakibatkan kelainan organ.

Penyebab bau mulut selain gigi berlubang


Karena itulah yang terpenting ialah membedakan bau mulut tersebut dikarenakan kelainan organ ataukah hanya dikarenakan mulut kering selama berpuasa. Nah, bau mulut yang diakibatkan kelainan suatu organ bisa terjadi karena kelainan rongga mulut, telinga hidung &; tenggorokan (THT), saluran pernapasan ataupun dari saluran pencernaan.

Mayoritas sebenarnya penyebab dari bau mulut bersumber dari kelainan rongga mulut. Sedangkan di daerah THT bisa dikarenakan sinusitis ataupun rhinitis kronis, untuk kelainan organ paru yakni bronkitis kronis ataupun adanya kelainan secara struktural di paru-paru seperti bronkiektasis, sedangkan kelainan pencernaan atas mungkin dikarenakan adanya kuman yang bernama Helicobacter pylori.

Kondisi rongga mulut yang berpotensi untuk menimbulkan bau mulut ialah karies (gigi berlubang), ataupun adanya sisa dari akar gigi, peradangan gusi (gingivitis), karang gigi ataupun penggunaan gigi palsu secara tidak benar.

Mengapa kelainan gigi menimbulkan bau mulut yang tak sedap?


Hal ini bisa disebabkan beberapa macam faktor. Salah satunya yaitu karena gigi berlubang. Nah, pada gigi berlubang ada penumpukan sisa makanan di dalam lubang gigi tadi sehingga terjadi pembusukan sisa-sisa makanan tersebut dan inilah yang membuat bau busuk muncul.

Bau tak sedap ini dapat pula muncul karena pada akar gigi terdapat sisa makanan yang tertinggal sehingga sisa makanan tersebut sulit untuk dibersihkan.

Gigi yang ada karang gigi di permukaannya akan mengakibatkan permukaan gigi jadi kasar sehingga, menyebabkan sisa makanan jadi mudah menempel & sulit dibersihkan, serta lama-kelamaan menyebabkan menebalnya lapisan karang gigi dan pada akhirnya muncul bau tidak sedap.

Selanjutnya, peradangan gusi (gingivitis) adalah merupakan radang di gusi yang terjadi dikarenakan adanya karang yang menempel pada gigi serta gusi dimana ini akan menyebabkan radang gusi. Gusi meradang tersebut bisa menimbulkan bau busuk yang tak sedap.

Pemasangan gigi palsu yang tak benar bisa menyebabkan bau gigi busuk. Gigi palsu itu seharusnya dirawat layaknya gigi asli jadi haruslah selalu dibersihkan. Jika gigi palsu tidak dibersihkan, akibatnya menimbulkan bau busuk.

Mengingat akan pentingnya kesehatan gigi serta juga informasi penyebab terbanyak bau mulut ialah dikarenakan masalah gigi seperti telah disebutkan diatas, maka masalah gigi &; rongga mulut harus segera diobati.

Biasanya kalau selama berpuasa timbul bau mulut yang diakibatkan kelainan gigi, umumnya keadaan ini bisa lebih dirasakan. Sebab selama berpuasa bila merasakan bau mulut berlebihan, haruslah selalu berpikir adanya kemungkinan kelainan di rongga mulut.

Penyebab Noda Hitam Pada Gigi Anak

penyebab bau mulut dan cara mengatasinya akut pada anak bayi 9 bulan tak sedap balita obatnya menghilangkannya akibat gigi berlubang usia 2 tahun kecil apa adalah atau nafas berkepanjangan bagaimana tidak enak berlebihan bertahun-tahun saat bangun tidur bangkai mengobatinya pengobatannya pencegahannya mencegahnya secara alami solusinya dari dalam tubuh tdk enzim faktor utama GUSI BERDARAH SELAIN gangguan pencernaan padahal sudah gosok gigi halitosis pagi hari hidung dipagi yang tak kunjung hilang setiap hari menurut islam info infeksi tenggorokan jamur jenis bakteri kronis lambung ketika puasa amandel lidah lendir asam penyakit putih tinggi menahun menyengat membandel yg terus menerus manusia setelah makan orang dewasa wanita permanen pdf rokok radang resdung rusak seperti kentut walaupun yang kuat teka teki

0 komentar:

Posting Komentar