Sabtu, 15 Oktober 2016

Tanda Akibat Cara Menyikat Gigi Yang Salah

Menyikat mahkota gigi mungkin akan terlihat sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi tanpa kita sadari ada 4 tanda akibat cara menyikat gigi yang salah.

Ada banyak kesalahan yang mungkin anda lakukan selama anda sikat gigi. Kesalahan menyikat gigi tidak selalu hanya dilakukan oleh anak kecil. Sebab tidak sedikit orang dewasa pun banyak yang salah melakukan prosedur membersihkan gigi yang benar dan efektif.

Ilustrasi tanda akibat cara menyikat gigi yang salah (Credit to fotolia)

Tanda Akibat Cara Menyikat Gigi Yang Salah

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri yang nampak dari kesalahan menyikat gigi.

1. Tanda 1: Karang gigi

Secara singkat, karang gigi adalah plak yang mengeras karena proses mineralisasi. Jika karang gigi muncul maka dapat dipastikan bahwa anda salah dalam menyikat mahkota gigi. Buktinya adalah tidak sampai menghilangkan plak yang ada. Perhatikan cara menyikat gigi terutama pada saat membersihkan mahkota gigi bagian dalam atau belakang.

2. Tanda 2: Radang Gusi

Radang gusi memiliki ciri-ciri berwarna merah tua, terlihat bengkak, terasa sakit, dan mengeluarkan darah secara tiba-tiba ataupun karena gesekan kontak dengan sesuatu benda seperti sikat gigi, ditekan, makanan, dan lain-lain.

Hal ini dapat disebabkan karena menyikat gigi dengan tekanan besar pada daerah gusi. Radang gusi dapat juga diakibatkan karena tekanan berlebihan pada gusi saat kita menyikat gigi. Bisa juga karena plak yang ada di daerah perbatasan gusi dan gigi tidak dibersihkan dengan cukup baik. Kurangi tekanan berlebihan yang mungkin dilakukan atau kembali perhatikan cara teknik menyikat gigi yang benar dan efektif.

3. Tanda 3: Gigi Sensitif

Sesungguhnya tidak ada penyakit gigi sensitif, tetapi istilah ini dipakai untuk menggambarkan kondisi rasa ngilu yang muncul di gigi saat kontak dengan suhu panas atau dingin. Hal ini biasanya disebabkan karena anda mensikat gigi terlalu keras. Jangan gosok gigi seperti halnya anda menggosok lantai atau keramik kamar mandi, sebab hal itu akan merusak lapisan gigi. Sebaiknya gosok gigi dengan lembut tapi lama daripada keras tapi sebentar.

4. Tanda 4: Nafas Bau / Bau Mulut

Nafas bau atau bau mulut dapat juga diakibatkan karena kesalahan saat kita membersihkan mulut secara keseluruhan. Jadi tidak hanya pada gigi saja. Namun, pembersihan mahkota gigi yang tidak tepat juga bikin bau mulut. Hal ini karena sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi dan lubang gigi yang dipenuhi sisa makanan yang tidak dikeluarkan melalui proses menyikat gigi yang pada akhirnya bikin nafas bau keluar dari mulut anda.

Sebenarnya masih ada beberapa tanda lain yang dapat kita jadikan sebagai tolak ukur kesalahan cara menyikat gigi. Namun, secara umum empat tanda diatas mudah-mudahan dapat dipahami oleh anda.

Baca juga:

Jika anda mengalami tanda diatas, Segera konsultasikan cara menyikat gigi yang tepat pada gigi anda ke dokter gigi. Jangan tunggu hingga gigi berlubang ya karena dampaknya akan tidak baik bagi kesehatan anda. Baca terus info sakit gigi gusi akan pengetahuan anda menjadi bertambah. Salam gigi sehat.

0 komentar:

Posting Komentar