Selasa, 25 Oktober 2016

Jangan Menyikat Gigi Setengah, Inilah Efek Negatifnya

Jangan menyikat gigi setengah dan tidak utuh. Fenomena menarik dimana sebagian orang yang malas untuk membersihkan gigi yaitu dengan cara menyikat gigi setengah. Seperti apa menyikat gigi setengah? Bagaimana dampak akibat membersihkan gigi dengan metode tersebut?

Hal menarik adalah bahwa banyak anak-anak SD menunjukkan gambaran penyakit yang hampir sama dimana gigi depan tampak sehat, tetapi gigi belakang rusak berat yang ditandai oleh gigi hitam dan berlubang. Selain itu, ada juga yang kebalikannya.



Hail penelitian menemukan fakta bahwa hal ini diakibatkan cara menyikat gigi yang salah pada anak-anak. Berdasarkan hasil survei, pada umumnya anak-anak menyikat gigi dengan benar di bagian gigi depan, tetapi asal-asalan jika menyikat gigi bagian geraham atau belakang.

Ada banyak alasan seseorang menyikat gigi setengah, yakni (1) berprinsip asal sikat gigi. (2) berprinsip yang penting tidak dimarahi oleh orang tua, (3) malas berlama-lama sikat gigi.

Perilaku anak-anak yang lebih cenderung memperhatikan gigi depan untuk digosok dengan pasta gigi adalah karena bagian inilah yang paling dapat terlihat oleh orang tua bahwa mereka sudah membersihkan gigi. Dipikiran mereka yakni mereka membersihkan gigi akan terlihat langsung memperlihatkan hasil dipuji atau tidak dimarahi oleh orang tua. Habis sikat gigi, senyum depan ortu. Selain itu jarang ortu yang ingin anaknya mangap terlebih dahulu untuk dapat melihat keseluruhan isi gigi anaknya.

Nah setelah orang tua bertanya pada anaknya "Sudah sikat gigi, belum?" Sang anak biasanya nyengir untuk memamerkan gigi depannya yang bersih. Alhasil ortu puas, uang jajan lancar dan tidak dimarahin oleh papah dan mamahnya.

Baca juga:
Orang tua seharusnya memeriksa gigi sang anak secara keseluruhan. Jika anaknya tidak tahu cara gosok gigi, maka ajari mereka. Minimal setiap pagi dan malam, sediakan waktu bagi orang tua untuk memeriksa gigi anak. Sebab jika dari usia dini gigi susu anak sudah rusak maka kemungkinan besar pada saat dewasa nanti akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itulah jangan menyikat gigi setengah agar kelak tidak sakit gigi dan gusi.

0 komentar:

Posting Komentar